Kelompok 10 Psikologi Pendidikan
Gunawan
S
(161301167)
Chyntia
Ginting
(161301168)
Warda Tina Sofia
S
(161301170)
Giovanni Paulo
S
(161301172)
Annisa
Yunlinanda
(161301174)
Khairunnisa Anggita R H (161301175)
Marsha Dwi
Andarisa (161301214)
1. Bagaimana pandangan dan
penilaian kelompok anda sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang
mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 2 sks harus memiliki e-mail dan blog
ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia,
Medan khususnya.
Jawaban:
Indonesia merupakan Negara berkembang dimana
ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan banyak
orang yang ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi
terbatas.Kesediaan infrastuktur ini masih sangat terasa di daerah-daerah yang
masih susah untuk mengakses informasi seperti di daerah pedesaan.Hal ini
disebabkan penyebaran teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia belum
merata, hanya di kota-kota besar saja yang sudah mudah menikmati dan
memanfaatkan fasilitas yang tersedia.Salah satu dampak yang ditimbulkan adalah
perkembangan pendidikan menjadi terhambat dan juga tidak merata (Dede Yahya,
2011).Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang
sangat memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan khususnya dalam
proses pembelajaran di Indonesia.Dalam dunia pendidikan keberadaan sistem
informasi dan komunikasi merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari
aktivitas pendidikan terutama di zaman sekarang ini.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan
pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Dalam
proses pendidikan, komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media
komunikasi seperti internet, e-mail-, blog, dan lain-lain.
Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dizaman
sekarang sangat berdampak bagi kepentingan akademik, baik pihak pengajar maupun
yang diajar.Berdasarkan uraian fenomena pendidikan di atas, kami berpendapat
bahwa penerapan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi
pendidikan 2 sks harus memiliki e-mail dan blog itu bagus karena lebih
efektif dn efisien.Setiap hal pasti mempunyai dampak positif dan negative.Dalam
hal ini kami akan menjelaskna dampak positif dan negatif e-mail dan blog.
Dampak positif e-mail dan blog:
1. E-mail dan blog memudahkan mahasiswa dan dosen dalam berkomunikasi
maupun bertukar informasi, dan membuat segala urusan lebih mudah dan efektif.
2. E-mail dan blog juga membuat kita mengurangi penggunaan kertas
yang artinya kita membantu dalam pencegahan global warming.
3. Mahasiswa juga bisa mengekspresikan pikiran-pikirannya yang dimuat
dalam bentuk tulisan, puisi dan lain-lain.
4. Mahasiswa dapat menjadi e-mail dan blog sebagai lahan untuk
berbisnis yang dapat di akses secara gratis di internet dan semua orang
dapat bebas mengaksesnya.
Dampak negative e-mail dan blog:
1. Mempermudah terjadinya pelanggaran Hak Atas Kekayaan Intelektual
(HAKI), karena orang yang bersifat plagiatis(suka meniru) akan melakukan
kecurangan
2. Dapat terjadi akibat fatal jika terjadi suatu kebocoran dalam
menjalankan sebuah system
3. Menimbulkan sifat apatis pada seorang individu.
Contoh: Seseorang anak lebih
suka membuat tulisan di blog sehingga ia kurang beriteraksi dengan teman
sekitarnya
Menurut kelompok kami mengenai
penerapan email dan blog dikalangan pelajar khususnya dikota Medan, belum dapat
diterapkan ke beberapa sekolah dikarenakan fasilitas di sekolah tersebut yang
belum memadai.
Sumber:
Santrock, John W.2007.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Kencana
0 komentar:
Posting Komentar